NiceCAR rental mobil Banjarmasin siap sedia melayani anda, segera hubungi 0813-4801-2200

Wisata Pasar Intan Martapura

Rental Mobil Banjarmasin - Tempat wisata di Kota Banjarmasin yang khusus menjual oleh - oleh khas dari Banjarmasin adalah Pasar Intan Martapura. Di area ini hampir sama dengan kampung – kampung batik yang ada di Cirebon, hanya saja kain – kain batik yang dihasilkan adalah berupa kain batik yang khas menonjolkan tentang seni lukis orang Banjarmasin atau sering disebut dengan istilah batik sasirangan. Anda bisa berbelanja kain batik dan pengembangannya disini dengan harga yang murah dan terjangkau. Terdapat banyak bentuk batik yang bisa dipilih sebagai oleh – oleh seperti baju, kolor, sprei, taplak meja, dan selendang.

Wisata Pasar Intan Martapura

Untuk anda yang suka berbelanja oleh - oleh lain khas Kalimantan berupa aneka batu permata, maka tempat wisata di Kalimantan Selatan yang wajib buat dikunjungi adalah Pasar Intan Martapura tersebut di atas. Pasar tradisional ini merupakan pusat oleh - oleh terbesar khas Banjarmasin, dimana kebanyakan barang – barang yang dijual disini adalah permata yang indah dan memiliki kualitas yang bagus. Anda dapat menemukan sekitar 80 toko permata yang menjual berbagai oleh - oleh berupa perhiasan khas Banjarmasin. Terdapat banyak pilihan berupa perhiasan dan batu permata seperti gelang, kalung, pendan, anting – anting dan cincin serta koleksi batu permata mulia paling lengkap di dunia. Letak dari pasar ini adalah tidak jauh dari pusat kota yaitu di Jalan Raya Ahmad Yani Kota Banjarmasin.

Meskipun pada awalnya banyak berkunjung para wisatawan lokal dan turis asing ke Kalimantan Selatan untuk jalan – jalan ke Pasar Intan di Martapura sekedar menikmati wisata belanja, saat ini pilihan objek wisata yang terpenting ditawarkan oleh pemerintah daerah adalah sudah mulai berkembang pesat, tidak lagi hanya mengandalkan keunggulan dari pasar ini. Beberapa objek wisata mulai direnovasi dan diwajibkan untuk berbenah diri, sehingga layak dikunjungi oleh wisatawan asing dan tentu saja pemerintah daerah sigap terhadap kondisi yang ada dimana kini mulai mempersiapkan beberepa objek wisata baru yang dapat menjadi pilihan bagi turis tersebut selama mereka berkunjung ke tempat ini.

Wisata Kota Banjarmasin

Banjarmasin sebagai ibukota Propinsi Kalimantan Selatan mempunyai luas 36.986 KM persegi, terkenal dengan dua kota besarnya yaitu Kota Banjarmasin dan Kota Banjarbaru. Terdiri dari sebelas kabupaten, dan Martapura adalah termasuk ke dalam wilayah Kabupaten Banjar.

Martapura sendiri berkembang pesat menjadi salah satu kota yang teramai dikunjungi oleh turis asing terutama dari Jepang dan Amerika, karena kawasan ini selain menyimpan pesona wisata alam berupa objek wisata belanja benda – benda seni berupa perhiasan dari intan sebagai magnet atau daya tarik utama, Martapura juga dikenal sebagai basis masyarakat Muslim terbesar di Kalimantan Selatan. Martapura memiliki Madrasah Darussalam yang erat hubungannya dengan bentuk perhiasan yang dijual di pasar adalah pada umumnya bernuansa religius.

Selain bergantung pada intan berusia tua yang ada di dalam perut bumi Kota Martapura, penghasilan warga di kota ini bergantung dari banyaknya wisatawan yang berkunjung dimana diharapkan seluruh sektor yang berhubungan dengan pariwisata mampu menyumbangkan banyak devisa pada Kota Martapura. Kompleks pertokoan benda – benda seni tersebut di atas di Pasar Intan Martapura biasanya selalu ramai didatangi oleh wisatawan domestik dan turis asing.

Terdapat 87 toko intan yang ada dalam empat blok pasar tersebut. Jika hari libur ( week end dan libur nasional ), Pasar Intan Martapura dikunjungi hingga 20.000 pengunjung yang memadati empat blok. Pada hari - hari biasa, pengunjung yang kesini hanya berkisar pada jumlah 10.000 orang saja. Demikian kami menjelaskan secara singkat, semoga bermanfaat !

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Wisata Pasar Intan Martapura"

Post a Comment