Mengunjungi Museum Lambung Mangkurat di Banjarbaru

Rental Mobil Banjarbaru  – Museum Lambung Mangkurat adalah sebuah museum kehormatan hati warga Kalimantan Selatan. Museum ini menyimpan tidak sedikit koleksi benda bersejarah tentang waktu pra sejarah, kerajaan-kerajaan yang pernah terdapat di Kalimantan Selatan dan jejak penjajahan Belanda.

Museum Lambung Mangkurat di Banjarbaru
Foto oleh Kostrose

Museum Lambung Mangkurat adalah museum yang ada di kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Gedung dua lantai dengan total luas lokasi 1,5 Ha, museum yang diresmikan Mendikbud Daoed Yoesoef pada 1979 itu mempunyai 11.965 koleksi. Koleksi-koleksi itu dapat diklasifikasikan menjadi 10 jenis yaitu, Geologi/Geografi, Biologi, Etnografika, Arkeologi, Historika, Numismatika/Heraldika, Filologi, Keramologi, Seni Rupa, dan Teknologi.

Bangunannya terdiri dari dua tingkat, berarsitektur rumah tinggal Banjar Bubungan Tinggi. , Rumah Bubungan Tinggi, yang dipoles dengan gaya modern. Barang koleksi Museum terdiri dari peninggalan Kesultanan Banjar, Candi agung, dan Candi laras, perkakas dari batu, ukiran kayu Ulin, perkakas pertanian dan perabot lokasi tinggal tangga, perangkat musik tradisional dan sebagainya.

Di lantai kesatu , ada tiga ruang pameran (display), yakni satu ruang pameran tersingkap dan dua ruang pameran tertutup. Di ruang pameran terbuka, semua pengunjung dapat menyaksikan tiga perangkat transportasi sungai masyarakat Banjar yaitu: jukung sudur, perahu pandan liris, dan jukung tambangan. Di samping ketiga jenis kapal tersebut, pengunjung pun dapat melihat pelbagai fosil hewan laut, laksana kerangka ikan paus (Rhineodon Typus Cotaceae).

Sementara di kedua ruang pameran tertutup, pengunjung bakal dibawa masuk ke masa prasejarah. Di di antara ruangan tertutup ini, pengunjung dapat menonton peralatan yang dipakai pada masa prasejarah, seperti: beliung, kapak bahu, pahat kapak lonjong, tuangan kapak perunggu dan benda-benda lainnya. Sedangkan di ruang pameran tertutup yang lain, pengunjung bakal menyaksikan pelbagai peninggalan Kerajaan Banjar.

Di lantai dua, pengunjung akan menonton lukisan potret etnis dan peta persebaran suku bangsa yang berdiam di distrik Kalimantan Selatan. Di lokasi ini, semua pengunjung dapat menonton berbagai format rumah tradisional Banjar, seperti; Bubungan Tinggi, Gajah Manyusu, dan beda sebagainya. Di samping itu, pengunjung pun dapat menonton etalase menyeluruh daur hidup masyarakat Banjar, dari fase kelahiran, anak-anak, menjelang dewasa, menikah, melahirkan sampai meninggal dunia. Fase-fase tersebut, dideskripsikan dalam format upacara-upacara yang dekat dengan pertumbuhan Islam laksana tradisi Baayun Anak, Basunat, Baantar Jujuran, Batamat Al Quran, Bakawinan, dan beda sebagainya.

Di tingkat kesatu diisi koleksi benda berupa replika peninggalan kejayaan agama Hindu laksana sisa-sisa patung Nandi, replika Nandi, replika patung Dewa Syiwa sebagai Batara Guru, pecahan patung Batara Guru, patahan Lingga, alas patung dan replika Lingga Yoni.

Koleksi Museum Lambung Mangkurat Banjarbaru

Semua benda ini berasal dari website Candi Laras, suatu candi peninggalan kerajaan Hindu yang pernah berkuasa di Kalimantan Selatan ratusan tahun kemudian yang ditemukan di Kecamatan Candi Laras Selatan, Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan. Berdasarkan keterangan dari sejarahnya, candi ini di bina pada 1300 masehi oleh Jimutawahana yang adalah keturunan Dapunta Hyang dari Kerajaan Sriwijaya yang sedang di Sumatera Selatan.

Untuk anda yang ingin mengunjungi museum ini dapat menghubungi NiceCar rental mobil Banjarbaru di nomor telepon 0813-4801-2200. Demikianlah sekilas tentang Museum Lambung Mangkurat, untuk lebih detail lagi silakan kunjungi langsung dengan mengggunakan jasa sewa rental mobil kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *