Wisata Taman Hutan Raya (Tahura) Sultan Adam

Rental Mobil Banjarbaru – Taman Hutan Raya (Tahura) Sultan Adam sejak lama menjadi tujuan wisata di Kalimantan Selatan. Tahura (Taman Hutan Raya) Sultan Adam Mandiangin adalah salah satu area yang dijadikan sebagai hutan edukasi UNLAM menurut SK Gubernur No. DA.144/PHT/1980 tanggal 31 desember 1980 dengan luas +2.000 hektar.

Namun, di samping sebagai area hutan pendidikan, area ini pun menjadi lokasi wisata yang berada di distrik Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. Area hutan dan perbukitan itu terletak di Jalan Ir Pangeran Mohammad Noor, Desa Mandiangin Timur, Kecamatan Karang Intan, Kota Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan.

Wisata Taman Hutan Raya (Tahura) Sultan Adam
Foto oleh Myshines

Banyak bukit mengelilingi wilayah itu dan pepohonan yang tumbuh di sana, menciptakan suasananya rindang. Ini wilayah perbukitan, udaranya juga sejuk dan berangin. Di puncaknya, pengunjung dapat menikmati pemandangan perbukitan dan telaga yang berada di dekat Tahura Sultan Adam. Saat memasukinya, pengunjung bakal disuguhi jejeran pepohonan rindang dan lebat. Jalannya kecil, namun lumayan saja guna mobil dan sepeda motor berpapasan.

Di dekat pintu gerbangnya, jalannya rusak tetapi tak panjang, selanjutnya mulus beraspal. Di tepi jalannya, sesekali terdapat rumah-rumah penduduk desa setempat. Saat menginjak wilayah Tahura, terdapat pos retribusi pengunjung diharuskan membayar tiket masuk Rp 10 ribu. Terdapat sejumlah air terjun di area Tahura. Ada yang melalui jalan setapak menanjak dan tangga menurun. Air terjun pertama yaitu dapat melalui jalan setapak bersemen menanjak di sekitar kolam Belanda.

Air yang bening dan menyegarkan menciptakan pengunjung ramai bermain dan berendam sepuasnya. Objek yang satu ini pun mempunyai view yang bagus guna obyek fotografi, tidak jarang semua fotografer menjadikan tempat ini sebagai lokasi kesayangan mereka guna mengexplore alam. Air terjun kedua masih di dekat kolam Belanda. Pengunjung mesti menuruni anak-anak tangga yang terdapat di sekitar warung-warung sekitar empang Belanda. Sekitar 5 menit pengunjung bakal disuguhkan oleh irama cipratan air dan segarnya air pegunungan.

Fasilitas Taman Hutan Raya (Tahura) Sultan Adam

Apa saja fasilitas yang ada di Tahura ? Berikut ini adalah fasilitas yang terdapat di Tahura :

Rumah Makan
Banyak variasi makanan yang dipasarkan dari sebatas minuman sampai menu santap siang yang dipasarkan oleh warung-warung kecil, andai ada acara perkemahan, warung ini bahkan tetap buka sampai malam hari

Arena Bermain
Tersedia sejumlah fasilitas bermain guna anak-anak, meskipun terbilang belum begitu banyak, kemudahan ini pasti menyenangkan sebab berada di bawah rimbun pepohonan yang jarang didatangi di perkotaan Kawasan Berkemah Tahura Sultan Adam memang adalah salah satu lokasi berkemah tumpuan di kabupaten Banjar. Terdapat 3 lokasi perkemahan berupa area luas yang asri yang sering digunakan sebagai basis pelatihan untuk instansi pemerintah, pramuka, komunitas, bahkan militer. Berkemah di sini paling menyenangkan sebab lokasi yang asri, namun gampang mencari kemudahan mandi dan penjaja makanan

Kamar Mandi dan WC
Kamar mandi dan toilet terdapat di sejumlah tempat di Tahura Sultan Adam Pos Keamanan Pos ketenteraman tersedia di pintu masuk area Tahura Papan penjelasan objek wisata Kawasan Tahura Sultan Adam bisa dikenali melewati tulisan besar di atas gunung, masing-masing area di dalamnya pun dilengkapi penjelasan yang jelas, laksana tempat flying fox, penangkaran rusa, empang Belanda dan lainnya

Tempat Ibadah
Tersedia lokasi sholat untuk yang beragama Islam  dan tempat parkir. Di samping lokasi parkir yang tersedia pun teduh dan nyaman untuk memarkirkan kendaraan anda.

Dari atas anda dapat melihat danau dari puncak Tahura Sultan Adam Kalimantan Selatan. Untuk yang berminat berkunjung kesini dapat menggunakan jasa rental mobil banjarbaru dari Nicecar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *